Selasa, 14 Oktober 2014

Danau Kaco, Danau yang Penuh Cerita dan Dapat Bercahaya yang Terletak di Provinsi Jambi


Kabupaten Kerinci merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi yang dianugerahi keindahan alam yang tak terkira indahnya. Walaupun mungkin masih banyak orang yang belum mengenal banyak tempat wisata menarik di Provinsi Jambi dan masih kalah pamor dibandingkan dengan tempat wisata lain. Namun panorama keindahan tersebut baru akan terasa setelah kita mencoba untuk berwisata di daerah Jambi khususnya di Kerinci yang pemandangan alamnya mampu membuat kita ketagihan dan ingin mengulang moment indah tersebut kembali.


Jika kita berkesempatan datang ke Kabupaten Kerinci cobalah untuk singgah di tempat wisata yang bernama Danau Kaco yang memiliki keindahan dan panorama alam yang sungguh memikat hati. Danau Kaco memiliki luas 900m2 ini terletak Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).  Danau ini memiliki air yang sangat jernih sehingga dasar danaunya dapat terlihat dengan jelas walaupun kedalaman Danau Kaco ini sangat dalam. Danau ini memilki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan danau di tempat lain. Keunikan Danau Kaco ini adalah bisa mengeluarkan cahaya yang sangat terang apalagi saat terjadi bulan purnama. Cahayanya yang terlihat seperti lampu yang diarahkan ke langit. Keunikan lainnya di Danau Kaco ini adalah bagi mereka yang ingin memancing di danau ini harus memiliki niat yang baik agar dapat mendapatkan ikan. Dan cara memancingnya hanya dapat dilakukan dengan memancing biasa bukan dengan menggunakan peralatan tambahan lain.


Keunikan cahaya yang dipancarkan Danau Kaco ini dipercayai masyarakat sekitar berasal dari cahaya intan yang tersimpan di dasar danau. Intan yang tersimpan tersebut merupakan intan dan emas titipan yang melambangkan ikatan janji para pangeran yang hendak melamar putri Raja Gagak. Putri Raja Gagak tersebut bernama Putri Napal Melintang yang terkenal cantik jelita sehingga banyak pemuda yang sangat menyukainya.  Semua lamaran dari para pangeran yang menyukai putri cantik jelita tersebut diterima sang raja namun akhirnya sang raja sendirilah yang merasa kebingungan akan memilih yang mana. Singkat cerita akhirnya raja tersebut membawa lari putrinya beserta emas dan intan pemberian pangeran sebagai tanda ikatan untuk menikahi putri cantik tersebut. Intan dan emas pemberian tersebut akhirnya di simpan di dasar danau yang sekarang menjadi tempat wisata ini.


Danau Kaco merupakan salah satu danau yang memiliki keunikan tersendiri dan termasuk ke dalam 15 danau yang memiliki keunikan dan kekhasan berbeda. Danau lainnya yang memiliki ciri khas yang menonjol adalah Danau yang berada di Wuccai Chi, China. Danau ini memiliki lima warna yang berbeda dan seing di sebut juga sebagai danau kristal. 


Bagi Anda yang berminat mengunjungi dan ingin berekreasi di Danau Kaco ini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan tetapi hanya bisa masuk sampai ke Benteng Depati Parbo. Perjalanan kemudian harus dianjutkan dengan berjalan kaki . satu hal yang perlu diingat pula bahwa Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada orang adat setempat seelum memasuki kawasan Danau Kaco. Pengalaman indah akan Anda rasakan saat berwisata di danau yang tampak masih alami ini.  

Di tulis Oleh

Penjelajah dunia. Menyukai alam dan semua hal yang indah. saya hanya seorang pecinta alam. Menyukai wisata dan menuangkanya dalam bentuk tulisan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Tujuan Berwisata. All rights resevered. Designed by Templateism