Rabu, 19 Juni 2019

Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Cara Mengembalikannya

Image result for Haid Tidak Teratur femometer

Bagi perempuan yang sudah baligh, pasti mengalami haid setiap bulannya. Sayangnya, tidak semua perempuan memiliki siklus haid yang teratur, apalagi perempuan yang baru mengalaminya. Nah, apa sajakah yang menjadi penyebab haid tidak teratur?

1. Menderita Penyakit Tiroid

Penyakit kelebihan tiroid (hipertiroidisme) dan penyakit kekurangan tiroid (hipotiroidisme) adalah penyakit yang dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon seks dalam tubuh dan dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

2. Menjalani Diet Yang Buruk Dan Tidak Seimbang

Menjalani diet yang buruk dan tidak seimbang akan membuat tubuh melepaskan kortisol yang dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Jika ingin menjalani diet, pilihlah diet yang sehat sehingga sistem reproduksi Anda dapat bekerja dengan baik.

3. Mengonsumsi Pil KB

Mengonsumsi pil KB memang dapat mencegah atau menunda kehamilan, tetapi dapat meningkatkan hormon estrogen sehingga kondisi tubuh Anda menjadi tidak seimbang.Saat berhenti mengonsumsinya, tubuh akan menyesuaikan diri dengan keadaan dan akan memakan waktu cukup lama. Hal ini akan berimbas pada siklus haid yang tidak teratur.

4. Kenaikan Atau Penurunan Berat Badan Yang Drastis

Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis akan berpengaruh pada produksi lemak. Produksi lemak ini akan berpengaruh pada produksi hormon estrogen yang dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

5. Stres

Stres menjadi penyebab utama yang membuat haid menjadi tidak teratur. Saat stres, hormon estrogen dan kortisol akan terganggu. Selain itu, hormon luteinizing dan hormone perangsang folikel juga akan menurun.

Image result for Haid Tidak Teratur femometer

Cara Mengembalikan Haid Yang Tidak Teratur

Haid sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan Anda. Jika haid Anda tidak teratur, lakukanlah cara berikut untuk mengembalikannya.

1. Mengelola Stres Dengan Baik

Stres menjadi penyebab utama haid menjadi tidak teratur. Karena itu, kelolalah stres dengan baik. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan, bahkan menghilangkan, stres tersebut.

 2. Mengubah Gaya Hidup

Menjalani gaya hidup tidak sehat dapat membuat hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang yang berimbas pada tidak teraturnya haid Anda. Agar haid Anda teratur kembali, mulailah untuk menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga yang tidak terlalu ekstrim.

Memahami siklus haid dengan baik dan benar harus dilakukan oleh setiap wanita untuk menjaga dan mengetahui masa subur. Untuk memahaminya dengan mudah, Anda dapat menggunakan alat bernama fermometer. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://fermometer.co.id/id.

Di tulis Oleh

Penjelajah dunia. Menyukai alam dan semua hal yang indah. saya hanya seorang pecinta alam. Menyukai wisata dan menuangkanya dalam bentuk tulisan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Tujuan Berwisata. All rights resevered. Designed by Templateism