Rabu, 15 Oktober 2014

Petualangan dan Keunikan Berwisata ke Pantai Wediombo, Yogyakarta


Berwisatake pantai yang indah dan mempesona di negeri ini akan membuat kita kebingungan karena begitu banyak objek wisata pantai di negara kita yang menawarkan sejuta keindahan yang berbeda. Karena Indonesia memiliki garis pantai yang panjang sehingga hampir setiap daerah memiliki objek wisata pantai dengan keunikan dan ciri khas masing-masing yang selalu menarik perhatian orang di sekitarnya maupun dari luar daerahnya.


Seperti pantai yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta yang sedikit banyak menarik perhatian orang-orang untuk datang mengunjunginya. Pantai tersebut adalah Pantai Wedi Ombo yang memiliki pemandangan alamnya yang pasti berbeda dengan pantai lainnya dan termasuk salah satu pantai yang berpanorama indah. Di pantai ini kita akan menjumpai anak-anak tangga yang akan menjadi awal kita untuk bisa menikmati panorama Pantai Wediombo. Pemandangan saat menuruni anak tangga ini sungguh sangat memanjakan mata dengan pemandangan ladang pertanian milik warga sekitar juga rumah-rumahnya yang berada di sekitar pantai. Memang Panta Wediombo ini merupakan pantai yang memiliki permukaan tanah lebih rendah dari daratan di sekitarnya. 


Saat berwisata ke Pantai Wediombopun kita akan menjumpai perbukitan yang curam dan cukup terjal. Dengan kondisi alam tersebut tercipta satu hal kegiatan yang unik dan menjadi ciri khas tempat wisata ini yaitu adanya kegiatan memancing di atas bukit. Kegiatan atau kebiasaan tersebut menjadi kegiatan menarik apalagi bagi mereka yang hobi dengan dunia mancing memancing. Namun untuk melakukan hal tersebut memang tidak mudah dan diperlukan kesabaran untuk dapat merasakan sensasinya. Para mancing mania harus berjuang menyusuri bibir pantai dahulu kemudian harus pula siap naik turun karang yang licin dan dilanjutkan dengan naik naik ke atas bukit yang berhadapan langsung dengan samudera Indonesia.



Perjuangan berat yang harus dilakukan untuk dapat merasakan sensasi memancing di atas bukit akan terbayar dengan kegiatan memancing yang dapat dilakukan sepuasnya. Tangkapan saat memancing di sini akan begitu sangat memuaskan dengan jenis Ikan Cucut dan Ikan Panjo yang merupakan jenis ikan yang pasti bisa didapatkan dan dibawa pulang oleh para pemancing. Kedua ikan yang berukuran hampir sama dengan ukuran tangan manusia dewasa ini dapat dipancing dengan menggunakan umpan ikan teri  yang bisa di dapatkan di tepi pantai.


Para pemancing yang berhasil mendapatkan tangkapan ikan yang lumayan banyak bisa menjualnya kepada yang berminat. Untuk tangkapan Ikan Panjo sendiri dapat dijual dengan harga Rp3000 per ekor. Sedangkan untuk hasil olahan masakan Ikan Panjo yang dijual paketan dapat dibeli dengan harga Rp.7000 saja dilengkapi dengan nasi dan sambal. Berwisata ke Pantai Wediombo kita juga dapat melihat satu acara atau kegiatan unik yang selalu di gelar di pantai ini yaitu upacara Ngalangi yang digelar setiap 1 tahun sekali. Acara ini digelar sebagai rasa atau ucapan syukur atas berkah dan limpahan rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Pergelaran upacara adat tersebut akan semakin membuat perjalanan wisata ke Pantai Wediombo semakin berkesan dan selalu tergurat di dalam memory kita.          

Di tulis Oleh

Penjelajah dunia. Menyukai alam dan semua hal yang indah. saya hanya seorang pecinta alam. Menyukai wisata dan menuangkanya dalam bentuk tulisan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Tujuan Berwisata. All rights resevered. Designed by Templateism