Rabu, 05 November 2014

Mengunjungi dan Menelisik Sejarah dan Kemegahan Candi Muara Takus, Riau

Candi Muara Takus merupakan sebuah bangunan candi yang terletak di Desa Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Provinsi Riau. Dari pusat Kota Pekanbaru, Candi Muara takus ini berjarak sekitar 135 kilometer dan lokasi candi bersejarah ini terletak cukup dekat dari Pinggir Sungai Kampar. Candi bernilai sejarah tinggi ini merupakan salah satu bangunan candi Budha yang berdiri di Provinsi Riau yang sekaligus membuktikan bahwa pengaruh dan ajaran agama Budha pernah menunjukan eksistensinya di wilayah Riau. Para Arkeolog yang meneliti candi ini berkesimpulan bahwa Candi Muara Takus tersebut berdiri pada abad ke VII – XII saat Kerajaan Sriwijaya sedang berkuasa dan berjaya.



Bagian atau ciri utama dari sebuah bangunan candi Budha adalah dengan terdapatnya sebuah stupa. Apabila diperhatikan lebih cermat lagi, bentuk stupa dari Candi Muara Takus ini terlihat sangat unik dengan terdapatnya hiasan sebuah roda dan juga kepala singa. Bentuk stupa yang demikian memiliki persamaan bentuk stupa pada candi yang berada di Negara Vietnam, Myanmar, Srilanka, dan juga bentuk stupa yang ada di Negara India saat masa asoka tengah berkuasa. Pada bagian luar komplek Candi Muara Takus ini dikelilingi oleh bangunan tembok tanah dengan luas 1,5 x 1,5 kilometer. Dan juga tembok seluas 74 x 74 meter pada komplek candi yang berada di bagian dalam.



Bagi anda yang berkesempatan mengunjungi komplek candi bersejarah ini, anda dapat memperhatikan bahwa untuk bangunan candi ini dibangun dari material tanah liat sedangkan untuk bagian pagarnya berasal dari material batu putih. Selain Candi Muara Takus anda juga dapat melihat bangunan candi yang lainnya diantaranya seperti Candi Bungsu, Candi Tua, Palangka dan juga Mahligai Stupa. Anda juga ketika berkunjung ke komplek candi bersejarah ini dapat melihat sebuah gundukan yang dipergunakan untuk membakar tulang manusia. Berkunjung ke Candi Muara Takus terasa semakin lengkap saja dengan hal menarik lainnya yang dapat anda jumpai dan temukan di komplek Candi Muara Takus ini yaitu seperti fragmen arca gajah, fragmen arca singa, pahatan vajra, inskripsi mantra serta gulungan daun emas yang permukaan daunnya diukir dengan pahatan mantra dan juga gambar vejra.



Candi Muara Takus ini tak terlepas dari riwayat atau legenda sejarah yang turut menyelimuti candi bersejarah tersebut. Menurut cerita yang banyak beredar, nama candi unik ini berasal dari nama sebuah anak sungai yang muara airnya berada di Batang Kampar. Candi Muara Takus dapat juga diartikan sebagai bangunan candi tua nan megah yang berada di muara sungai. Cerita juga menyebutkan bahwa candi ini dibangun atas dasar permintaan seorang putri yang bernama Putri Reno Wulan yang berasal dari Negara India. Maka dari bentuk bangunan Candi Muara Takus di Riau tersebut memiliki bentuk yang hampir sama dengan bentuk candi yang berada di Negara India yaitu Candi Asoka.



Anda yang mengunjungi Candi Muara Takus yang terletak di Riau tersebut selain dapat melihat bangunan candi yang megah dan unik, anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah tersedia di tempat wisata Candi Muara Takus. Fasilitas yang telah tersedia tersebut seperti rumah-rumah makan, kios souvenir, kios penjual makanan ringan dan juga penginapan ataupun hotel. Anda dapat menuju ke tempat wisata ini dari Kota Pekanbaru dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Selain itu untuk menuju tempat wisata bersejarah tersebut dapat ditempuh dari jalan lintas Riau – Sumatera Barat. Berwisata mengunjungi Candi Muara Takus di Provinsi Riau tersebut akan dapat membuat anda bangga akan benda peninggalan sejarah bernilai tinggi yang ada di Indonesia.     

Di tulis Oleh

Penjelajah dunia. Menyukai alam dan semua hal yang indah. saya hanya seorang pecinta alam. Menyukai wisata dan menuangkanya dalam bentuk tulisan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Tujuan Berwisata. All rights resevered. Designed by Templateism